Bayi umur 8 bulan belum tumbuh gigi???


Bayi mulai tumbuh gigi sekitar umur 6 - 7 bulan, ditandai dengan pembengkakan pada gusi bawah. Sebagian bayi akan merasa sakit karena pembengkakan ini bahkan dapat menyebabkan demam. Rasa sakit karena tumbuh gigi sering dirasakan bayi di sore hari, mereka kadang menangis dan mengigit-gigit sesuatu. Jika anak sudah berumur 8 bulan belum juga tumbuh gigi itu bukan pertanda tidak normal, jadi orang tua tidak perlu terlalu risau, namun untuk lebih menenangkan hati silahkan konsultasikan dengan dokter anak.


Apa yang harus dilakukan jika bayi umur 8 bulan belum tumbuh gigi?  Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merangsang pertumbuhan gigi, diantaranya:

  • Memberi mainan yang berguna untuk menstimulus pertumbuhan gigi sering disebut dengan teether. Sebenarnya penggunaan mainan ini dianjurkan sejak umur 5 bulan, sebab dipercaya bahwa teether memang bergunan untuk mempercepat tumbuh gigi. Pilihlah teether terbuat dari bahan yang aman. Pada umumnya semuanya terbuat dari karet.
  • Kandungan kalsium pada susu juga sangat membantu pertumbuhan gigi anak, oleh karena itu walaupun anak sudah lebih dari 6 bulan usahakan tetap memberi ASI yang cukup (susu bantu).
  • Beri makanan pembantu ASI yang mengandung kalsium seperti ikan laut dan beberapa jenis sayuran.
  • Orang tua jangan terlalu khawatir, sebab banyak juga bayi baru tumbuh gigi pada umur 10 bulan bahkan 1 tahun.
Tanda-tanda bayi akan tumbuh gigi:
  • Si kecil sering gigit jari atau benda, kadang digigit seperti orang yang gemas bahkan jari kitapun kalau diletakkan digenggamannya akan diarahkannya mulut untuk digigit.
  • Tampak pembengkakan jelas pada gusi bayi, biasanya lebih dulu terlihat pada gusi bawah.
 Untuk itu ketika umur bayi sudah mencapai 6 - 7 bulan sebaiknya jangan meletakkan sembarangan benda di dekat mereka. Sebab saat ini anak sangat suka menggigit apapun yang dapat dijangkaunya. Selalu pastikan mereka mengenakan pakaian yang bersih dan tidak ada juntaian mainan atau pernak pernik pada baju tersebut, akan sangat berbahaya jika pernak-pernik tersebut digigit dan tertelan.

Bayi mau tumbuh gigi akan sedikit lebih rewel gampang menangis dari biasanya, hal ini wajar saja sebab mereka merasakan nyeri pada gusi yang bengkak tersebut. Tenangkan si kecil dengan pelukan atau mengendongnya berjalan sekitar rumah. Sikap gampang menangis ini tidak akan lama, setelah gigi tumbuh sikap rewel ini juga akan hilang.

Kesimpulannya; secara umum bayi tumbuh gigi pada usia 6 - 7 bulan, tapi banyak juga anak umur 8 bulan belum tumbuh gigi. Orang tua tidak perlu khawatir karena lambatnya pertumbuhan gigi si kecil, selama berat badan dan perkembangan psikisnya terlihat normal. 


Related Post

Tidak ada komentar: