Resep Makanan Bayi 6 - 8 Bulan


Resep makanan bayi 6 bulan berdasarkan buku posyandu cukup sederhana, disana dituliskan anak pada usia ini cukup diberi bubur susu saja. Dulu saya bingung mengartikan bubur susu, soalnya bagaimana cara membuat susu menjadi bubur, ternyata untuk membuat bubur susu itu simpel saja cukup dicairkan roti biskuit dengan susu. Wajar saja jika resep bayi 6 bulan cukup sederhana hal itu karena pada usia ini belum meiliki gigi jadi tidak mungkin kita memberikan berbagai jenis makanan pembatu susu yang teksturnya keras.

berikut ini ada beberapa resep makanan umur 6 - 8 bulan (berdasarkan posyandu). Bubur susu, cara membuatnya:
  • Campur gula, susu, tepung beras dan air secukupnya.
  • aduk campuran tersebt hingga rata
  • Panaskan bahan makana bayi tersebut dengan api yang kecil hingga matang, selama memanaskan sebainya diaduk-aduk agar tidak gosong dibagian dasarnya.

Selain dari bubur susu ada lagi makanan bayi 6 bulan yang lebih praktis dan tanpa resep - resepan yakni, pisang lumat halus. cara membuatnya:
  • Ambil sebuag pisang yang telah matang cuci dulu kulitnya
  • Kupas separuh kulit pisang tersebut dan keroklah dagingnya dengan sendok kecil
  • Berikan kerokan daging pisang pada bayi.




Disaat usianya 7 bulan sudah bisa diberi nasi tim/ makanan lumat (berupa bubur lumat yang dicampur dengan daging, sayuran) pada saat ini dia juga sudah bisa memakan buah-buahan dilumatkan. Sebaiknya reseplah makanan bayi yang beraneka ragam agar tidak bosan, seperti telur, ayam, ikan, daging, tahu, bayam, wortel, santan, kacang hijau, dan lain-lain. Berikan buah-buahan seperti pisang, pepaya dan jeruk manis.

Adapun pemberian makanan bayi 6 bulan tersbut setiap harinya adalah sebanyak 2 - 3 sendok makan setiap kali makan. Frekuensi pembierian sebanyak 2 - 3 kali sehari selain itu anak umur 6 bulan juga sudah dapat diberi selingan seperti jus buah atau biskuit sekitar 1 hingga 2 kali setiap hari.

ASI harus tetap diberikan sesering mungkin pada anak 6 bulan, semua resep makanan bayi 6 bulan yang pernah anda baca atau dengar hanyalah bersifat pembantu ASI, jadi paling utama tetap saja ASI. Selengkapnya tentang hal ini silahkan baca di sini.

Jika anda terlalau sibuk untuk membuat resep sendiri silahkan membeli makanan instan, namun hal ini tidak ada dianjurkan di buku ataupun posyandu. Mungkin karena mengandung pengawet kali ya. Sebaiknya tetap bersabar dalam merawatnya, seiring pertumbuhan dan pertambahan umur maka jenis makanan yang dapat mereka makan juga akan semakin bertambah, sehingga kita tidak lagi terlalu direpotkan dengan keterbatasan makana.

demikianlah resep makan bayi umur 6 bulan semoga dapat membantu kita semua yang memiliki anak. Resep yang ditulis diatas bukan karang-mengarang tapi ditulis berdasarkan resep makana di buku posyandu.


Related Post

Tidak ada komentar: