Ukuran Pakaian Anak Bayi


Tahukah anda tentang ukuran baju bayi? ukuran pakaiannya bukan S, M, L, dan XL. Jadi ketika kita ke toko baby shop untuk membeli, biasanya yang ditanyakan oleh penjual adalah umur dari anak yang akan memakai baju tersebut. Jadi apa sebenarnya ukuran-ukurannya ya? apakah umur yang menjadi ukuran? ternyata bukan :). 
pakaian anak bayi
Adapun ukuran baju untuk bayi yang umum dipakai di Indonesia adalah sebagai berikut:
  • "0" merupakan size untuk baju batita umur 0 - 12 bulan. Jadi jika anda ingin membeli pakaian sebagai kado bayi umur 3, 6, atau 8 dan 9 bulan sebaiknya pilihlah ukuran 0. 
  • "1" merupakan ukuran baju untuk anak umur 1 - 2 tahun. Namun ukuran ini juga sudah bisa dipakai oleh mereka yang berumur 10 bulan keatas. Untuk celana yang menggunakan karet di pinggangnya ukuran ini juga sudah bisa dipakai anak umur 8 bulan keatas.
  • "2" Merupakan size untuk pakaian anak umur 2 tahun, namun biasa juga dibeli untuk umur 1,5 tahun keatas. Hal ini dilakukan untuk menghemat pembelian  keperluan pakaian bayi. Untuk menghemat pembelian pakaian sebaiknya anda baca artikelnya di sini.
  • "3" Merupakan size untuk anak umur 3 tahun, tapi terkadang sudah bisa digunakan oleh anak umur 2 tahun. Hal ini bergantung pada bahan yang digunakan untuk membuat  pakaian tersebut.
Ukuran pakaian diatas berlaku untuk kemeja, batik dan beberapa jenis kaos. Dalama membeli pakaian bayi baik itu sebagai kado ataupun untuk dipakai anak anda sendiri sebaiknya lebihkan ukuran dari umurnya saat itu. Hal ini selain berguna untuk menghemat pembelian pakaian juga jaga-jaga agar pakaian yang anda beli tidak kekecilan. Pakaian yang kebesaran tidaklah menjadi masalah serius, namun baju yang kekecilan tentu tidak bisa lagi digunakan.

Bahan pakaian bayi sebaiknya terbuat dari bahan katun agar lebih menyerap keringat. Sebab keringat yang berlebih dan tidak diserap oleh baju dapat menjadi masalah serius pada kulit (biang keringat/ keringat buntat). Jika membeli baju kaos oblong sebaiknya pastikan karet kerah cukup lentur, agar mudah dipakaikan kepada anak, jika terlalu kaku dan kasar dapat melukai wajah sikecil ketika hendak dipakaikan.

Itulah informasi singkat mengenai pakaian anak bayi terutama menyangkut ukuran yang digunakan pada pakaian anak di indonesia. Semoga bermanfaat.


Related Post

Tidak ada komentar: