Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dibeli


Ada beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli karena memang sangat dibutuhkan. Artinya jika perlengkapan tersebut tidak ada maka kenyamanan dan kesehatan anak baru lahir bisa terganggu. Untuk hal seperti ini anda tidak harus membeli perlengkapan yang mahal, tapi bisa saja beli yang murah karena perlengkapan bayi baru lahir ini biasanya hanya dipakai sementara, kurang lebih selama sebulan saja.

Adapun beberapa perlengkapan anak baru lahir yang harus dibeli antara lain:
  1. Bedong, biasanya bidan atau perawat rumah bersalin akan meminta ini menjelang bayi akan lahir. kegunaan bedong adalah untuk membungkus bayi baru lahir hingga umur 1 bulan. 
  2. Popok (celana bayi baru lahir), ini juga akan diminta suster atau bidan menjelang anak lahir. Popok ini bentuknya sederhana saja lebih mirip celemek daripada celana. Popok ini akan menjadi celana sementara sampai umur 1 bulan, ada juga yang menggunakannya hingga umur 2 bulan.
  3. Baju kemeja, anak bayi baru lahir biasanya mengenakan baju kemeja berkancing. Saat baru lahir masih sulit bila dikenakan baju kaos. Baju kemeja ini juga sederhana kancingnya saja mungkin hanya 3 buah.
  4. Handuk mandi, usahakan handuk ini minimal ada 2 buah jadi jika satu handuk masih basah tetap ada cadangannya.
  5. Sabun bayi, sabun ini banyak jenis dan mereknya pilih saja salah satu, sebainya pilih sabun yang ber PH netral dan sekaligus berfungsi sebagai shampoo.
  6. Minyak telon, sesudah mandi dan menjelang tidur diolesi minyak telon. pilihan merek telon juga banyak.
  7. Sisir, ini yang paling sering dilupakan oleh pasangan suami istri disaat persalinan, padahal sisir ini selain merapikan rambut, juga berguna untuk menghilangkan kerak-kerak yang ada di kulit kepala bayi.
  8. Bedak, untuk menjaga kulit tetap nyaman dan kering, sekaligus bisa menghangatkan bayi dan mencegah iritasi.
Itulah beberapa perlengkapan anak bayi baru lahir yang harus dibeli atau dipersiapkan oleh setiap pasangan suami dan istri menjelang hari persalinan. Semoga tulisan ini bermanfaat, tulisan ini berdasarkan pengalaman saya di rumah bersalin.


Related Post

Tidak ada komentar: