Manfaat Keuntungan dan Kebaikan ASI


Tahukah anda bahwa ASI itu memiliki manfaat yang sangat banyak terutama untuk perkembangan bayi… Nah kali ini blog kita akan membagikan beberapa manfaat, keuntungan dan kebaikan ASI. Langsung saja lihat di bawah ini:
  1. Salah satu manfaat dan kelebihannya adalah steril.. bahkan sangat steril dan bebas dari penyakit, terkecuali bila kelenjar susu atau dada mengalami radang.
  2. ASI (air susu Ibu) selalu diminum dalam keadaan segar (tanpa dimasak) jadi semua zat putih telur, segala vitamin, mineral dan zat hirat arang yang terkandung didalamnya tetap baik mutunya.
  3. ASI mengandung semua zat yang dibutuhkan oleh bayi dalam komposisi dan perbandingan yang tepat dan seimbang, sehingga mudah dicerna dan mudah diserap oleh usus atau organ pencernaan bayi.
  4. Air susu Ibu mengandung banyak zat antibiotik dan tameng penangkis untuk berbagai macam penyakit, misalnya campak. Selain itu ternyata ASI mengandung sel darah putih yang dapat mencegah dan mengobati Infeksi. Oleh karena itu jika bayi demam maka biasanya bidan atau dokter anak terkadang hanya menganjurkan pemberian ASI tanpa ada obat tambahan.
  5. Banyak mengandung zat laktoferin yang mampu mengikat unsur besi (Fe), dengan demikian selama ada asi di dalam usus bayi maka tidak akan ada zat besi yang hilang dari tubuh bayi.
  6. Air susu ibu tersedia di setiap waktu dan tidak memerlukan biaya apapun, namun demikian setiap ibu menyusui hendaknya memperhatikan asupan gizi yang cukup terutama nutrisi yang diperlukan untuk produksi susu.
  7. Suhunya sesuai dengan suhu makanan yang dibutuhkan bayi sehingga ASI segar tak perlu dilakukan pemanasan lagi.
  8. Menyusui bayi akan mempercepat proses normalisasi alat-alat kandungan di tubuh seorang ibu pasca melahirkan, oleh karena itu ibu yang menyusui bayinya sendiri cenderung lebih cepat sembuh dan sehat daripada ibu yang tidak menyusui anaknya.
  9. Menyusui dengan ASI akan meningkatkan kualitas kejiwaan Ibu dimana ia akan merasa bangga menjadi seorang ibu yang mampu membesarkan anaknya dan benar-benar menjadi seorang ibu. Kejiwaan bayi juga menjadi lebih baik karena sudah mendapatkan kasih sayang se-dini mungkin.
Itulah beberapa keuntungan dan kebaikan ASI. semua hal diatas disajikan berdasarkan buku perawatan bayi, semoga bermanfaat.


Related Post

Tidak ada komentar: