Kenaikan Berat Badan Bayi Yang Normal


Pertumbuhan anak bayi memang sanagat cepat, jika baru lahir beratnya 3 Kg maka pada umur sebulan bisa mencapai 3,7 - 4 kg. Namun demikian agar kita lebih mudah mengontrol pertambahan yang normal sebaiknya miliki sebuah buku posyandu. Dimana disana dibuat diagram parabola pertambahan berat badan anak normal sesuai pertambahan umur.

Dalam buku tersebut akan terlihat diagram yang diberi tiga warna yakni kuning, hijau muda dan hijau. Adapun arti dari diagram tersebut, jika berat badan bayi terletak di daerah hijau berarti pertambahan berat badannya normal. Jika terletak pada area kuning bawah maka pertambahannya tidak normal dan terlalu lambat, jika terletak di area kuning atas, pertambahan berat terlalu cepat dan tidak norma. jika terletak pada hijau muda masih dikategorikan normal.

Secara angka-angka pertambahan berat badan bayi normal dapat dilihat dibawah ini:
  1. Umur 1 hingga tiga bulan: bobotnya bertambah 700 gram per empat minggu atau bertambah sebanyak 170 - 200 gram per minggunya.
  2. Umur 3 hingga 6 bulan pertamabahan berat normal adalah sebanyak 450 gram setiap 4 minggu atau sekitar 125 gram perminggu.
  3. Pada umur 6 hingga 12 bulan pertambahan berat bayi per emapt minggu sebanyak 350 gram.
Dari kenaikan berat normal diatas dapat dilihat bahwa perkembangan atau pertambahan berat paling cepat disaat umur 1 - 3 bulan, dimana pertambahannya bisa mencapai 700 gram/ 4 minggu. Kecepatan perkembangan dan pertumbuhan ini akan menurun setelah umur 3 - 6 bulan dan akan sangat terasa melambat ketika umur anak sudah diatas 6 bulan. Jika pertambahan berat berada dalam batas-batas skala diatas itu berati bayi tumbuh sehat.

Melambanya pertambahan berat bayi pada umur 6 bulan ini kata bidan normal saja, sebab mereka sudah bisa bergerak kesana kemari. Terutama anak yang berumur diatas 7 bulan yang sudah bisa merangkak sehingga memiliki banyak pergerakan setiap harinya. Jadi tidak perlu khawatir jika pertambahan berat badannya hanya 400 gram perbulannya sebab itu adalah tanda pertumbuhan yang normal.

Jika pertumbuhan bayi berada dibawah garis normal, maka sebaiknya beri tambahan gizi atau konsultasikan dengan dokter anak. Dan jika pertambahan berat badan berada diatas garis normal sebainya jangan terlalu sering membiarkan anak banyak tidur, pada kondisi ini sebaiknya bayi diajak untuk banyak bergerak dengan memberi mainan  bergerak dan berwarna menarik sehingga secara sepontan dapat merangsang bayi untuk bergerak lebih aktif. Atau beri mereka ransangan yang dapat membuat mereka sedikit lebih aktif.


Related Post

Tidak ada komentar: