Bayi Tumbuh Gigi Tidak Selalu Demam


Kebanyakan bayi memang mengalami demam ketika akan tumbuh gigi, demam adalah reaksi tubuh karena adanya infeksi baik ringan apalagi berat.  Saat tumbuh gigi tentu saja bisa mengalami infeksi terutama pada gusi. Oleh karena itu ketika anak umur 8 bulan keatas demam coba cek gusi mereka, raba dengan menggunakan jari bila ada sisi gusi terasa kasar bergerigi kemungkinan demam itu akibat dari pertumbuhan gigi. Namun tidak selalu tumbuh gigi mengakibatkan demam, hal ini terbukti pada anak saya.

Tumbuhnya gigi bayi selalu menjadi harapan setiap orang tua, sebab dengan adanya gigi kita tidak akan repot lagi memasak nasi tim atau bubur susu, si kecil sudah bisa diberi makan nasi dengan syarat kita agak melunakannya sedikit. Senang rasanya melihat bayi mulai tumbuh gigi, artinya ada perkembangan pada pertumbuhan mereka.

Apakah ada pengaruh teether denagn kecepatan tumbuhnya gigi bayi? mungkin ada ya, sebab anak saya memang diberi mainan sejenis teether ini (mainan untuk digigit-gigit terbuat dari karet). Tapi kalau saya bandingakn dengan anak-anak lain yang tidak diberi maianan teether ini sama aja tuh kecepatan pertumbuhan giginya. Saya ingat anak-anak di pedesaat gak ada tuh yang dikasih maian kayak gitu (zaman dulu) tapi gigi mereka tumbuh secara normal juga.

Di bungkus mainan gigitan anak memang selalu diberi keterangan bahwa mainan tersebut akan meransang pertumbuhan gigi serta dapat mempercepat kemampuan bayi dalam berbicara. Sebenarnya saya sih curiga itu sekedar slogan saja agar produk mereka laku  heheh… Tapi tidak ada salahnya dong membeli teether tersebut, lagian benda itu kan bisa menjadi mainan untuk anak. Saya lihat anak saya malah lebih suka menggigiti benda-benda lainnya daripada teether, mungkin dia bosan kali ya…

Memilih mainan peransang pertumbuhan gigi tidak harus yang mahal lho… sebab benda tersebut gak akan bertahan lama terutama karena masalah kebosanan. Anak saya cepat sekali bosan, setiap teether yang dibelikan hanya menarik selama seminggu saja, setelah itu mainan tersebut tidak disukainya lagi, so apa setiap minggu harus beli teether baru yang harganya lumayan mahal? Nah untuk itu bila kita membeli mainan teether ini, belilah yang sesuai dengan fungsinya yaitu meransang pertumbuhan gigi dan mengedukasi anak untuk berbicara. Sebab masih banyak peralatan bayi lain harus dibeli.


Related Post

No comments: